Bunga Matahari


Tamanan yang disukai hamster ini populer membuahkan camilan berbentuk biji kuaci. Ya, tanaman itu ialah Helianthus annus L atau yang diketahui dengan nama Bunga Matahari.Mengapa dinamakan Bunga Matahari? Sebab bunga ini diketahui tumbuh mengarah matahari. Sikap ini juga dikenal dengan arti ‘heliotropik'. Sebaliknya, saat malam hari, bunga ini akan menunduk ke bawah.Bunga ini adalah tanaman introduksi yang datang dari wilayah Amerika. Di Indonesia, nama wilayah yang seringkali dipakai diantaranya Panca Matahari, Bunga Teleng Matahari, Bunga Ledomata, Kembang Sarangenge, Sungeng, serta Purbanegara.

Bunga Matahari dapat hidup di wilayah subtropis atau tropis serta di ketinggian sampai 1.500 m dpl (di atas permukaan laut). Tanaman ini akan optimal perkembangannya pada pH 6.5 – 7.5, temperatur perkembangan yang maksimal sekitar di antara 22°C – 30°C, serta sinar matahari penuh.Tanaman ini dapat tumbuh sampai 1-3 mtr. bergantung varietas, disamping itu bunganya mempunyai tangkai yang tebal serta kuat. Perkembangan tanaman bunga ini relatif singkat, serta termasuk ke tanaman tahunan.

Bunga Matahari ialah tanaman dengan karakter terna atau perdu yang mempunyai saluran-saluran getah kelenjar minyak.Beberapa ciri dari bunga ini ialah kelopak bunganya yang berwarna kuning jelas, daun lebar, mempunyai batang panjang, tangkai serta daun berbulu, dan panjang daun yang sekitar di antara 10 cm – 30 cm serta lebar 5 cm – 20 cm.Kepala bunganya besar (inflorescence) berdiameter bunga bisa sampai 30 cm, serta di tengahnya ada bunga-bunga yang kecil berupa tabung, berwarna coklat.Dalam Hal penyerbukan, bunga ini manfaatkan polinator lebah madu untuk berlangsungnya proses pembuahan putik (bunga betina) oleh benangsari (bunga jantan) serta mengahasilkan biji/benih bermutu.Varietasnya benar-benar bermacam serta mempunyai keunikan semasing. Sekitar 67 spesies tanaman Bunga Matahari sudah diketahui, serta cuma 417 tipe spesies yang ditingkatkan untuk tanaman hias.

Kecuali untuk tanaman hias, bunga ini termasuk juga ke salah satunya tanaman pemroduksi minyak nabati.Minyak pada biji bunga matahari mempunyai kualitas yang hampir sama dengan minyak zaitun karana kandungan kolestrolnya yang rendah, seringkali dipakai untuk minyak sayur untuk bumbu salad, sebagai bahan baku industeri kosmetik serta pelumas.Bunga ini mempunyai peranan tanaman obat. Sebagian besar sisi badannya bermanfaat obat. Bunganya sendiri bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi, kurangi rasa ngilu pada sakit di kepala, pusing, sakit gigi serta ngilu menstruasi.Untuk contoh untuk menyembuhkan sakit di kepala, menurut Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya yang berjudul "Tanaman Bermanfaat Obat Indonesia" (1996), dianjurkan untuk ambil 25-30 gr bunga ditambah satu butir telur ayam (tidak dipecahkan), ditambah tiga kelas air, selanjutnya di rebus jadi 1/2 gelas, serta diminum setelah makan 2x satu hari.



Postingan populer dari blog ini

The transforming factor was available in December 2020, when the coronavirus

Meadows has been charged with two state crimes: violating Georgia’s anti-racketeering RICO law and soliciting a public official to violate their oath.

COVID or even the cold? Exactly just what to perform if you have actually signs this Xmas